Langsung ke konten utama

Bissmillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah
pada kesempatan kali ini saya ingin sharing dan menulis tentang pengajian yang saya ikuti yaitu pengajian kitab tafsir Munir karya ulama' besar yang terkenal berasal dari Indonesia yaitu Imam Nawawi Al Bantani (Banten)

dalam pelajaran pertama ini tadi membahas tentang Alfatihah, dimana inti dari alqur'an berada pada surat Alfatihah,
didalam surat Alfatihah sendiri di awali dengan bacaan "bismillahirrohmanirrohim" yang artinya "Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang". kenapa segala sesuatu mesti di awali kata bismillahirrohmanirrohim?? kenapa dengan menyebut nama Allah? ada apa dengan nama Allah?
dikarenakan bacaan basmalah atau menyebut nama Allah itu dikhususkan dengan tujuan kepada Allah.
Jadi untuk melakukan segala sesuatunya kita harus menyebut nama Allah Swt. dalam hal apapun.
ada salah satu ulama' yang mengatakan jika kita melakukan segala sesuatu tanpa diawali membaca basmalah itu seperti ompong/ kosong/ mlempem (jawa).
dalam bacaan Bismillahirrohmanirrohim itu ada kata Arrohman dan ArRohim. keduanya juga memiliki arti yang sama yaitu Maha Mengasihi, akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda.
Ar Rohman yaitu Maha Mengasihi untuk keseluruhan alam, yang ada di dunia, Allah masih mengasihi semua mahluknya, seperti kepada hewan tumbuhan manusia, orang islam, orang non muslim dan lain sebagainya yaitu dengan memberi kehidupan, kesehatan jodoh, rezeki dan lain sebagainya tanpa memandang sesuatu semuanya di kasihani.
Ar Rohim Yaitu Maha Mengasihi kepada makhlukNya yang taat kepadaNya, dan Ar Rohim ini nanti diberikan ketika di Akhirat kelak hanya kepada mahlukNya yang taat dan beriman kepada Allah Swt.
adapun faedah membaca basmalah salah  satunya dan diantaranya
jika pada awal malam pertama/ tanggal pertama bulan Muharrom kita menulis bacaan basmalah sebanyak 100x kemudian tulisan itu dibawa InsyaAllah akan terhindar dari hal hal yang jelek.
bacaan basmallah juga mempunyai faedah untuk meluluhkan lawan dengan cara dibaca sebanyak 50x ditujukan kepada seseorang tersebut.
tapi kesemuanya itu ditujukan untuk perbuatan yang memang untuk kebaikan.
dan semuanya itu atas izin dan kehendak Allah.

sekian dulu mudah2an ada manfaatnya bagi kita semuanya
Amiin Ya robbal Alamin
--------------------------------------------------------
NB: komentar dan saran sangat saya tunggu
Materi Tafsir bisa di lihat secara online di http://www.almeshkat.net/books/open.php?cat=6&book=1013

Komentar

fie mengatakan…
siiip. mg tetap istiqomah yaa

Postingan populer dari blog ini

Subhanallah Kekuatan Do'a Orang Tua

ini kisah yang pernah aku alami sendiri dan sudah tidak satu atau dua kali tapi sudah benyak kali ketika itu aku sedang UAS salah satu mata kuliah pemrograman, dimana tugas harus selesai besok pagi, dan saat itu waktu sudah sore, sedangkan aku hanya bisa bingung dan merenung apa bisa aku selesai besok pagi padahal aku sendiri belum dapat ide mau buat program apa. program itu tidak mungkin bisa dikerjakan dalam waktu 1 atau dua hari karena didalamnya ada unsur AI (kecerdasan buatan). di sela-sela kebingunanku,bapakku bilang "kamu kenapa kok bingun seperti itu?" sebenarnya aku sungkan juga mau bilang kalau aku lagi bingung kalau besok ada UAS karena orang tuaku kalau mendukung itu sampai tak terbalas oleh apapun, tapi aku yakinkan pada diriku sendiri bahwa aku berani mengatakan kepada kepada bapakku   "Anu.... pak" (sambil perasaan cemas) "Anu apaan, kamu ada apa? ngomong saja gak papa!" "besok saya ujian akhir pak",   "mmm.. ya kamu b

Ilmu

Alhamdulillah kemarin pembahasan dalam ngaji yang saya ikuti yaitu tentang Ilmu Ilmu menurut Imam Al Ghozali ada 2 yaitu Ilmu Mahmudah (terpuji) dan Ilmu Mazmumah (tercela/keji) ilmu sifat terpuji atau mahmudah diantaranya ada ilmu yang membahas tentang fardhu kifayah dan fardhu ain. Fardhu kifayah yaitu status hukum dari sebuah aktivitas dalam Islam yang wajib dilakukan, namun bila sudah dilakukan oleh muslin yang lain maka kewajiban ini gugur. dalam contohnya aktifitas yang tergolong Fardhu kifayah yaitu : mensholati jenazah muslim belajar ilmu tertentu (misal: kedokteran, ekonomi, dll) mendirikan Khilafah sesuatu perbuatan yang semula hukumnya kifayah bisa menjadi fardhu ain apabila yang di maksud belum bisa terlaksana dengan hanya mengandalkan dari kaum muslimin saja. Fardhu Ain yaitu  status hukum dari sebuah aktivitas dalam Islam yang wajib dilakukan oleh seluruh individu yang telah memenuhi syaratnya. Dalam Islam, meninggalkan aktivitas yang hukumnya Fardhu 'Ain aka

kunci folder

Alhamdulillah sekarang ada program untuk mengunci folder damanya folder lock, manfaatnya sangatlah banyak apabila saudara ber keinginan untuk merahasiakan folder yang menurut saudara itu sangat penting bisa menggunakan software ini. untuk mendapatkannya silahkan download ke kunci ini, semoga bermanfaat Amiinn