Langsung ke konten utama

Adzan Jum'at, Sholat Sunnah dan Tahiyatul masjid

Assalamu'alaikum wr. wb.

saya ingin bertanya:

1. Pada hari jumat ada mesjid azan 1 kali ada 2 kali, kenapa begitu?
2. Shalat sunat apa namanya setelah azan pertama, apa dasarnya?
3. Setelah shalat Jumat 2 rakaat, ada shalat sunat apa dasarnya? yang saya tahu hanya shalat tahiyatul mesjid, mohon penjelasannya. 
Saikhul arif_ Batu

Terima kasih atas penjelasannya. 

Wassalamu'alaikum wr. wb.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Assalamu'alaikum wr. wb.

Yth. Sdr. Saikhul arif

Kami menjawab pertanyaan saudara berdasarkan urutan nomor:

1. Pada zaman Rasulullah Azan sholat Jum'at hanya sekali, yaitu ketika Khatib telah naik ke atas mimbar dan duduk. Muazin malaksanakan azan di depan khatib. Ketika zaman Utsman bin Affan dan banyaknya umat Islam di kota Madinah, maka beliau menganjurkan azan pertama untuk tujuan mengingatkan kepada penduduk Madinah akan masuknya waktu sholat Jum'at, agar mereka bergegas ke Masjid. (H.R. Bukhari, Baihaqi dll). Pendapat Usman ternyata tidak ditentang para sahabat lain yang ada saat itu, sehingga ini merupakan Ijma' Sahabat.

2. Shalat sunnah setelah Jum'at disunnahkan oleh hadist "Apabila kalian selesai sholat Jum'ah maka dirikan sholat sunnah dua rakaat". Dalam riwayat lain "empat rakaat" (H.R. Bukhari Muslim).

Adapun sholat sunnah sebelum Jum'at bila itu sholat sunnah muthlaqah (sholat sunnah biasa) maka hukumnya dianjurkan. Dalam hadist Bukhari "Barangsiapa mandi di hari Jum'at, membersihkan diri sebisanya, kemudian memakai wangi-wangian, kemudian ia keluar rumah dan mendirikan sholat semampunya, kemudian ia diam ketika imam mulai khutbah, maka ia akan mendapatkan ampunan sampai jum'at berikutnya" (H.R. Bukhari dll.).

Para ulama berbeda pendapat mengenai Sholat rawatib sebelum sholat Jum'at. Hanafi dan riwayat sebagian Syafi'iyah dan riwayat dari Hanbali mengatakan sholat rawatib sebelum Jum'ah disunnahkan dengan dalil hadist-hadist di atas.

Mazhab Maliki dan Hanbali, demikian juga Ibnu Qayyim dan gurunya Ibnu Taymiyah mengatakan bahwa shalat rawatib sebelum Jum'ah tidak disunahkan. Pendapat ini juga berlandaskan hadist di atas dengan mengatakan bahwa dalam riwayat tersebut Nabi masuk masjid langsung menuju mimbar. Ini menunjukkan bahwa tidak ada waktu bagi beliau untuk melaksanakan sholat sunnah qabliyah.

3. Shalat sunnah setelah Jum'at diriwayatkan dua rakaat dan empat raka'at. Keduanya mempunyai landasan hadist sahih.

salam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Subhanallah Kekuatan Do'a Orang Tua

ini kisah yang pernah aku alami sendiri dan sudah tidak satu atau dua kali tapi sudah benyak kali ketika itu aku sedang UAS salah satu mata kuliah pemrograman, dimana tugas harus selesai besok pagi, dan saat itu waktu sudah sore, sedangkan aku hanya bisa bingung dan merenung apa bisa aku selesai besok pagi padahal aku sendiri belum dapat ide mau buat program apa. program itu tidak mungkin bisa dikerjakan dalam waktu 1 atau dua hari karena didalamnya ada unsur AI (kecerdasan buatan). di sela-sela kebingunanku,bapakku bilang "kamu kenapa kok bingun seperti itu?" sebenarnya aku sungkan juga mau bilang kalau aku lagi bingung kalau besok ada UAS karena orang tuaku kalau mendukung itu sampai tak terbalas oleh apapun, tapi aku yakinkan pada diriku sendiri bahwa aku berani mengatakan kepada kepada bapakku   "Anu.... pak" (sambil perasaan cemas) "Anu apaan, kamu ada apa? ngomong saja gak papa!" "besok saya ujian akhir pak",   "mmm.. ya kamu b

Ilmu

Alhamdulillah kemarin pembahasan dalam ngaji yang saya ikuti yaitu tentang Ilmu Ilmu menurut Imam Al Ghozali ada 2 yaitu Ilmu Mahmudah (terpuji) dan Ilmu Mazmumah (tercela/keji) ilmu sifat terpuji atau mahmudah diantaranya ada ilmu yang membahas tentang fardhu kifayah dan fardhu ain. Fardhu kifayah yaitu status hukum dari sebuah aktivitas dalam Islam yang wajib dilakukan, namun bila sudah dilakukan oleh muslin yang lain maka kewajiban ini gugur. dalam contohnya aktifitas yang tergolong Fardhu kifayah yaitu : mensholati jenazah muslim belajar ilmu tertentu (misal: kedokteran, ekonomi, dll) mendirikan Khilafah sesuatu perbuatan yang semula hukumnya kifayah bisa menjadi fardhu ain apabila yang di maksud belum bisa terlaksana dengan hanya mengandalkan dari kaum muslimin saja. Fardhu Ain yaitu  status hukum dari sebuah aktivitas dalam Islam yang wajib dilakukan oleh seluruh individu yang telah memenuhi syaratnya. Dalam Islam, meninggalkan aktivitas yang hukumnya Fardhu 'Ain aka

kunci folder

Alhamdulillah sekarang ada program untuk mengunci folder damanya folder lock, manfaatnya sangatlah banyak apabila saudara ber keinginan untuk merahasiakan folder yang menurut saudara itu sangat penting bisa menggunakan software ini. untuk mendapatkannya silahkan download ke kunci ini, semoga bermanfaat Amiinn